Wakili Babel, Pasar Modern Koba Masuk Nominasi PPABK Tingkat Nasional

Daerah54 Views

BANGKATENGAH – Pasar Modern Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil masuk dalam 5 nominator lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas (PPABK) Regional Barat.

“Terdapat 14 pasar dari 3 wilayah regional yang terpilih, salah satunya Pasar Koba masuk regional barat ini. Satu-satunya pasar di Bangka Belitung yang terpilih, bersama Pasar Rumput Jakarta Selatan, Pasar Prawirotaman Yogyakarta, Pasar Serikat Semabur Tanah Datar, dan Pasar Gelugur Labuhan Batu,” ujar Kepala Disperindagkop dan UKM Bateng, Ali Imron, Kamis (16/3/2023).

Ali Imron melanjutkan tim verifikasi lapangan penilaian lomba PPABK Regional Barat sudah mendatangi Pasar Koba pada Selasa (7/3/2023) pekan kemarin.

“Alhamdulillah, Pasar Koba masuk nominator PPABK Regional Barat, tim verifikasi juga sudah datang kesini pada selasa pekan kemarin,” tuturnya.

Ia menyampaikan, tim verifikasi yang berkunjung saat itu terdiri dari Direktorat PMPU Pangan Olahan Badan POM RI, Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Kementerian Kesehatan, turut hadir juga BPOM Pangkalpinang, perwakilan Dinkes Bateng, Plt. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Bateng.

“Tim verifikator tersebut melakukan verifikasi dokumen yang didampingi oleh Kepala UPT dan Kasubag Tata Usaha Pelayanan Pasar. Selain itu, dilaksanakan kunjungan lapangan dan interview kepada petugas pengelola serta anggota paguyuban pasar di Pasar Koba.” terangnya.

Pihaknya juga memberikan penjelasan singkat mengenai Pasar Koba, serta menerima masukan dari tim verifikasi yang dapat dijadikan bahan perbaikan pada Pasar Koba.

“Pasar Koba yang masuk dalam 5 nominator Lomba PPABK melanjutkan program yang telah dijalankan pada tahun 2020 lalu dan mereplikasi program ke Pasar Mesu dan Simpang Katis,” ucapnya.

Ia menambahkan, sebagai bentuk komitmen serta dukungan untuk menjaga keamanan pangan di Pasar Koba, UPT Pasar tetap melaksanakan pengawasan melalui sampling uji secara mandiri pada tahun 2021-2022.

“Kita juga melaksanakan inovasi dengan memberdayakan paguyuban pasar melalui inovasi pengujian sampel mandiri bersama Asosiasi Pedagang Pasar Ciptakan Keamanan Pangan (PADING AMAN) pada tahun 2022 dan masih berlanjut pada tahun 2023,” tandasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *