Wajib Tahu, 8 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah

Berita54 Views

Tak cuma penderita diabetes, siapapun penting untuk menyeleksi makanan yang dikonsumsi tiap hari agar kadar gula darah tetap terkontrol. Simak daftar 8 makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah dan mengontrolnya berikut ini.

Memilih makanan dengan indeks glikemik (GI) rendah adalah salah satu cara untuk membantu menurunkan atau mengelola kadar gula darah. Indeks glikemik mengukur efek makanan tertentu pada kadar gula darah.

Bagi penderita diabetes, makanan dan minuman yang diserap tubuh secara perlahan adalah yang terbaik karena tidak menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah.

“Gula darah mengacu pada tingkat molekul glukosa dalam aliran darah Anda,” kata nutrisionis Mary Ellen Phipps, pendiri Milk & Honey Nutrition dikutip dari Eating Well.

“Harus ada jumlah tertentu dalam darah Anda setiap saat agar tubuh Anda berfungsi.” tambahnya.

Makanan Penurun Kadar Gula Darah

Berikut ini sejumlah makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah dilansir dari berbagai sumber:

1. Brokoli

Hasil penelitian menunjukkan brokoli mengandung sulforaphane yang bersifat penurun gula darah sehingga memberi efek antidiabetes. Selain itu, brokoli juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengurangi gula daerah.

Untuk menjaga kandungan sulforaphane tetap tinggi, maka brokoli harus dimasak dengan cara dikukus atau dimakan mentah.

2. Makanan laut

Dikutip dari Healthline, makanan laut seperti ikan dan kerang mengandung protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat mengontrol kadar gula darah.

Selain itu, protein juga memperlambat pencernaan sehingga meningkatkan perasaan kenyang. Dengan begitu, Anda tidak akan makan berlebihan dan kadar gula darah dapat dijaga.

3. Kacang

Kacang dan selai kacang juga dapat mengontrol kadar gula darah. Bahkan, makanan ini cocok untuk dikonsumsi secara jangka panjang.

Jenis kacang yang dapat menjaga kadar gula darah mulai dari kacang tanah sampai kacang almond.

4. Alpukat

Makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah selanjutnya adalah alpukat. Buah yang satu ini sudah populer kaya lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, sehingga dapat menjaga dan menurunkan kadar gula darah. Selain itu, alpukat juga baik dikonsumsi oleh orang dengan tekanan darah tinggi.

5. Bawang putih

Bawang putih merupakan bahan populer dalam obat tradisional untuk diabetes dan berbagai macam kondisi lainnya.

Menukil Medical News Today, senyawa dalam bawang putih dapat membantu mengurangi gula darah dengan meningkatkan sensitivitas dan sekresi insulin.

Sebuah studi pada 2017 menemukan bahwa suplemen bawang putih membantu mengatur kadar gula darah, kolesterol, dan kadar lipid pada penderita diabetes tipe 2.

6. Oat

Oat dan gandum memiliki kandungan serat tinggi yang dapat mengurangi kadar gula darah. Anda dapat menambahkan oat dan gandum ke dalam makanan atau konsumsi roti gandum.

7. Raspberry

Buah beri, terutama raspberry dikemas dengan serat, nutrisi yang membantu memperlambat penyerapan gula, menjaga kadar gula darah tetap stabil. Satu cangkir buah beri yang lezat mengandung 8 gram serat.

8. Telur

Makanan penurun kadar gula darah berikutnya adalah telur karena kaya akan protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Konsumsi telur dapat mengontrol gula darah.

Penelitian menunjukkan konsumsi satu butir telur per hari dapat menurunkan kadar gula darah puasa sebesar 4,4 persen dan meningkatkan sensitivitas insulin dibandingkan konsumsi makanan lain pengganti telur.

Itulah 8 makanan yang bisa menurunkan kadar gula darah. 

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *