Survei Indikator Politik: Erick Thohir dan Mahfud Unggul Jadi Cawapres

Politik58 Views

Hasil survei Indikator Politik Indonesia mencatat elektabilitas Menteri BUMN Erick Thohir dan Menkopolhukam Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) naik dibandingkan dengan Menkoparekraf Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang menurun. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan survei tersebut dilakukan sepanjang 26-30 Mei 2023. 

“Pada survei kali ini ada dua tren positif, Erick dan Mahfud MD. Setahu saya Mas Gibran stagnan, kemudian Ridwan Kamil (RK) sedikit turun, Sandiaga dan AHY turun,” kata Burhanuddin Muhtadi dalam acara daring, Minggu (4/6).

Burhanuddin kemudian merinci, berdasarkan pertanyaan terbuka dan dipilih lima teratas, Erick mendapatkan suara teratas dengan 15,5 persen. Disusul RK 15,4 persen, Mahfud MD 13,4 persen, Sandiaga 13,1 persen, dan AHY 5,6 persen.

Dari kelima nama itu, Indikator Politik Indonesia juga merinci kategori pemilih berdasarkan basis Pemilu 2019. Hasilnya, Erick paling banyak dipilih oleh pendukung Jokowi-Ma’ruf dengan perolehan suara 20 persen.

Kemudian pada pemilih Prabowo-Sandiaga pada Pilpres 2019, Erick mendapatkan suara 17,5 persen pun dengan Sandiaga yang mendapatkan 17,5 persen.

Lebih lanjut, berdasarkan demografi pemilih yang dilihat dari jenis kelamin, elektabilitas RK sebagai cawapres paling banyak datang dari kaum perempuan, sementara kaum laki-laki paling banyak memilih Mahfud MD.

Lalu pada kategori pemilih dengan latar belakang atau tingkat pendidikan SD atau sekurangnya dan SMP paling banyak memilih RK. Pada pemilih jenjang pendidikan SMA Erick, sementara pada pemilih dengan latar belakang kuliah memilih Mahfud MD.

Selanjutnya pada kategori latar belakang pekerjaan pemilih, Erick paling banyak mendapat suara dari kelompok petani, peternak, dan nelayan, serta PNS/swasta.

Lalu Sandiaga banyak dipilih kelompok buruh dan pekerja informal, serta pelajar atau mahasiswa. Sementara RK paling banyak digemari oleh pemilih dengan latar belakang ibu rumah tangga,

“Kalau dilihat dukungan pada Erick tampak kuat dipengaruhi oleh evaluasi kinerjanya sebagai Ketua Umum PSSI,” ujar Burhanuddin.

Burhanuddin menyebut temuan survei nasional ini dilakukan selama periode 26-30 Mei 2023. Responden survei merupakan WNI berusia 17 tahun ke atas yang memiliki hak pilih pada Pemilu. Penarikan sampel menggunakan metode random digit dialing (RDD).

RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Dalam survei ini jumlah sampel sebanyak 1.230 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, validasi, dan screening.

Kemudian ukuran sampel 1.230 responden itu memiliki toleransi kesalahan atau margin of error sekitar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *