PAN soal Kerja Sama Politik dengan PDIP: Masih Kami Bahas

Politik49 Views

Partai Amanat Nasional (PAN) belum menyampaikan kemantapan langkah politiknya mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024, meski telah menggelar pertemuan kerja sama politik dengan PDIP, Jumat (2/6)

PAN menyatakan bakal ada pertemuan selanjutnya antara kedua partai.

“Banyak hal yang kami diskusikan dan memahami. Dan karena baru pertama, nanti tentu kita diskusikan di PAN. Ada ada pertemuan lanjutan. Kami harap ada pertemuan selanjutnya,” ujar Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di kantor DPP PDIP di Diponegoro, Jakarta, Jumat (2/6).

Hal tersebut disampaikan Zulkifli Hasan di kantor DPP PDIP usai pertemuan kerja sama politik jelang Pilpres 2024 dengan PDIP. Sejumlah kabar sebelumnya menyebut akan ada deklarasi dukungan PAN untuk Ganjar.

Sementara Megawati juga menyatakan hal sama, bahwa pertemuan sore ini adalah pertemuan pertama dan selanjutnya PDIP akan menyambangi DPP PAN. 

“Itu tadi yang juga kami diskusikan. dan tentu karena ini pertemuan pertama. Saya juga katakan silakan, tentu PAN ingin setelah ini mendiskusikan internal. Sehingga saya bilang silakan. Setelah ini akan berkunjung ke kantor DPP PAN,” kata Megawati.

PAN hadir ke markas PDIP dipimpin langsung Zulkifli Hasan. Selain Zulhas, terlihat dalam rombongan seperti Sekjen Eddy Soeparno, Waketum Viva Yoga Mauladi, Asman Abnur, Yandri Susanto, dan sejumlah elit DPP lain seperti Saleh Partaonan Daulay, hingga Eko Patrio.

Sementara itu, Megawati ditemani sejumlah elite partainya seperti Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan sejumlah Ketua DPP seperti Bambang Wuryanto hingga Yasonna Laoly. Turut hadir dalam pertemuan itu bakal capres PDIP, Ganjar Pranowo. Gubernur Jawa Tengah itu datang menyusul setelah kedatangan rombongan PAN sekitar pukul 14.40 WIB.

PDIP saat ini telah resmi bekerja sama dengan PPP, Hanura, dan PSI dengan mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres. Sedangkan PAN bersama Golkar yang masih di KIB belum menentukan sikap akhir.

Kabar dukungan dari PAN untuk Ganjar sebelumnya terus menguat. PDIP meyakini PAN akan bergabung di menit-menit akhir. Bahkan sebelumnya, Ganjar mengklaim ada partai yang akan bergabung dengan koalisi PDIP dan PPP yang ingin mendukungnya.

“Insya Allah dalam beberapa waktu pendek ini akan ada partai lagi yang bergabung,” kata Ganjar di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar, Menteng, Jakarta, Kamis (1/6).

Ganjar saat itu tak menyebut partai mana yang akan bergabung ke koalisinya tersebut. Namun, ia mengatakan dalam jangka waktu dua hari ini akan ada kabar terkait bergabungnya partai ini.

“Soal partai yang mengusung partainya yang mana kita tunggu dalam 2 hari ini akan mendapatkan beritanya,” kata dia.

Ganjar saat ini masih didukung oleh empat partai koalisi setelah sebelumnya ada PPP, Hanura, dan PSI. 

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *