Airlangga: Gubernur Lampung Lihai Viralkan Jalan Rusak, Dapat Rp800 M

Berita, Nasional57 Views

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut Gubernur Lampung Arinal Djunaidi sebagai sosok yang lihai karena bisa mendapatkan suntikan Rp800 miliar.

“Pak Gubernur Lampung ini lihainya luar biasa. Dia viralkan jalan rusak itu dan dapat Rp 800 miliar,” ujar Airlangga.

Ketika ditanya soal sebutan lihai dari Airlangga, Arinal enggan berkomentar. Ia meminta untuk membicarakan Golkar saja di sela-sela Rakernas tersebut.

“Sudah lah kita bicara Golkar saja, tidak bicara politik, bicara masa depan. Nanti salah tafsir, salah penjelasan, salah itu kan jadi polemik lagi,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjanji menggelontorkan anggaran Rp800 miliar untuk memperbaiki sejumlah ruas jalan yang rusak di wilayah Lampung.

“Tahun ini, pemerintah pusat khususnya untuk Lampung akan mengucurkan dana Rp.800 miliar untuk 15 ruas jalan rusak termasuk ruas Jalan Seputih Raman-Rumbia, Lampung Tengah,” kata Jokowi saat meninjau jalan rusak di Seputih Raman, Lampung Tengah, Jumat (5/5).

Arinal menyebut anggaran dari pemerintah pusat tersebut akan ditambah dengan anggaran pemerintah daerah sebesar Rp750 miliar.

“Saya mendapat Rp800 miliar, saya punya Rp750 miliar. Saya akan bangun sesuai yang saya usulkan itu. Silahkan nanti dilihat hasilnya. APBN dikerjakan oleh balai besar jalan negara, APBD dikerjakan Dinas Bina Marga. Tetapi jalannya cuma satu,” ujar Arinal.

“Pertanggungjawabannya ada BPK, ada kepolisian, ada kejaksaan. Nah itu harus dilakukan pengawasan, pengendalian, tidak boleh lagi dengan cara-cara yang tidak sesuai,” imbuhnya.

Terkait penyebab jalanan yang rusak di Lampung, Arinal berdalih Lampung ada wilayah persinggahan, sehingga tingkat kerusakan jalanan terjadi lebih cepat.

(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *