Beranda Nasional Kunjungan Sandiaga Uno Ke Sentral Industri Sepatu Cibaduyut

Kunjungan Sandiaga Uno Ke Sentral Industri Sepatu Cibaduyut

129
0
BAGIKAN
Kunjungan Sandiaga Uno Ke Sentral Industri Sepatu Cibaduyut

BANDUNG- Sandiaga Salahuddin Uno Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02 mendatangi Sentral Industri Sepatu Cibaduyut yang berlokasi di Kecamatan Bojongloa Kidul, Kota Bandung, pada Rabu 23 Januari 2019. Wilayah Cibaduyut sendiri merupakan salah satu sentra Pengrajin Sepatu yang ada di Kota Bandung.

Di dalam sambutannya, Sandiaga Uno menyebutkan, bahwa saat ini pengrajin Sepatu Cibaduyut mengalami guncangan dalam hal pendapatan. Misalnya, impor sepatu dari luar saat ini sudah sangat besar, hal tersebut tentu saja berakibat pada pendapatan pengrajin Sepatu Cibaduyut yang menurun sampai 40 persen.

“Kita lihat tadi curhatan mereka bagaimana perajin sepatu Cibaduyut dihantam penghasilnnya oleh impor, Ini mengkibatkan omzet mereka turun hingga 40 persen,” papar Sandiaga Uno.

Akibat impor berlebihan itu kata Sandi, sebanyak 254 pengrajin dan lebih dari 2000 lapangan pekerjaan di sentra sepatu Cibaduyut terancam. “Kita harus mendorong perajin sepatu Cibaduyut untuk ekspor, apalagi pasarnya sudah ada di timur tengah, hanya saja selama ini yang menjadi kesulitan adalah bahan baku,” katanya.

Dampak impor berlebihan itu, menurut Sandi, sebanyak 254 pengrajin dan lebih dari 2000 lapangan pekerjaan di sentra sepatu Cibaduyut terancam. “Kita harus mendorong perajin sepatu Cibaduyut untuk ekspor, apalagi pasarnya sudah ada di timur tengah, hanya saja selama ini yang menjadi kesulitan adalah bahan baku,” kata Sandiaga Uno.

Kunjungan Sandiaga Uno Ke Sentral Industri Sepatu Cibaduyut
Kunjungan Sandiaga Uno Ke Sentral Industri Sepatu Cibaduyut

Berdasarkan kunjungan itu, pasangan Prabowo-Sandi mendefisinikan dua hal dalam membangun usaha alas kaki Cibaduyut dengan meningkatkan skill para pengrajin melewati pelatihan.

“Pertama melindungi dan berpihak kepada pelaku dan pengusaha usaha alas kaki Cibaduyut serta meningkatkam ekspor, Itu dua hal yang ingin didorong Prabowo Sandi bagi para pelaku dan pengusaha sepatu di Cibaduyut,” pungkasnya.

Sebelum berkunjung ke Cibaduyut, Sandiaga Uno melakukan olahraga dengan lari pagi bersama Komunitas Runner Bandung dari Hotel Santika, Bandung di tempat Sandiaga menginap mengarah ke daerah Monju Bandung, yang bertempatan di Dipati Ukur.

Di daerah Monju, Sandiaga juga akan mengikuti senam pagi bersama emak-emak, para milenial, kaum disabilitas serta masyarakat umum lainnya.

Setelah berolahraga pagi, Sandiaga melanjutkan aktivitasnya di Bandung, Jawa Barat dengan menjalankan pertemuan bersama beberapa Kiai, Ulama, Tokoh Islam serta perwakilan kelurahan se-Bandung Raya.

Pertemuan ini digelar di Balai Sartika, Jalan Suryalaya, Cijagra, Lengkong, Kota Bandung. Baru setelah melakukan pertemuan ini, Sandi berkunjung ke sentra sepatu di Cibaduyut, tepatnya di Toko Sepatu Catenzo yang berlokasi di Jalan Cibaduyut Raya.

Bukan hanya berkunjung ke Toko, Sandiaga juga melakukan dialog dengan sejumlah pedagang sepatu dan warga Cibaduyut.

Perjalanan Sandiaga Uno di Bandung hari ini di tutup dengan menghadiri Deklarasi Gemakopin yang agendanya akan di hadiri oleh perwakilan RT/RW se-Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung. Kegiatan tersebut diselenggarakan di RM Sukahati yang bertempat di Cipacing, Kabupaten Sumedang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here