Beranda Ekonomi 60% Kendaraan Pemudik Belum Balik Jakarta Setelah H+3 Lebaran

60% Kendaraan Pemudik Belum Balik Jakarta Setelah H+3 Lebaran

157
0
BAGIKAN

Kementerian Perhubungan sepanjang H+1 hingga H+3 Lebaran mencatat arus Balik Idul Fitri 1439 H yang melintas gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat baru terealiasi sebanyak 339.582 kendaraan. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Kementerian Perhubungan, Bambang Prihartono mengatakan jumlah tersebut hanya 40% dari total prediksi arus balik yang melintas pada H+1 hingga H+8 Lebaran.

60% Kendaraan Pemudik Belum Balik Jakarta Setelah H+3 Lebaran

Menurut dia, pihaknya bersama sejumlah instansi terkait memprediksi arus balik ke wilayah Jakarta dan sekitarnya sepanjang H+1 hingga H+8 Lebaran dapat mencapai 841.253 kendaraan. “Jadi hingga H+3 ini baru 40% pemudik yang kembali ke Jakarta lewat gerbang Tol Cikarang Utama. Sehingga perlu ekstra endurance, karena masih 60% lagi yang belum kembali,” jelas Bambang.

Adapun upaya yang dilakukan untuk mengatasi arus balik tersebut, Bambang mengakui pada hari ini masih diberlakukan upaya rekayasa lalu lintas. Seperti One Way (satu jalur) dari Tol Palimanan hingga Cikarang Utama. Kemudian, lanjut dia, rekayasa lalu lintas juga diberlakukan di Tol Cikarang Utama hingga Cawang KM 3 dengan membuat contra flow, sehingga arah Jakarta diberlakukan lima jalur.

Sementara itu, Bambang memastikan, bahwa pelaksanaan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan One Way hanya berlaku hingga hari ini saja. “One Way di Tol arah ke Jakarta hanya akan berlaku hingga hari ini saja sesuai dengan perkiraan jumlah kendaraan yang akan balik ke Jakarta,” tegasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here