Beranda Wisata Mengulik Beberapa Makanan Kaya Kalsium Selain Susu

Mengulik Beberapa Makanan Kaya Kalsium Selain Susu

137
0
BAGIKAN

Menjaga agar tulang tetap kuat itu penting hukumnya. Tapi bagaimana jika kita tidak doyan susu atau seorang intoleran laktosa yang tidak bisa minum produk susu? Padahal sumber kalsium yang paling dikenal adalah produk susu.

Lebih berbahaya lagi kalau kita suka olahraga, maka perlu asupan kalsium untuk menjaga kekuatan tulang. Jangan khawatir, karena kalsium bisa didapat tidak hanya dari susu. Masih banyak makanan dan minuman lain yang mengandung kalsium sama besarnya dengan susu.

1. Ikan salmon

Tahukah kalau ikan salmon juga mengandung banyak kalsium? 3 ons ikan salmon saja sudah mengandung 181 miligram kalsium. Jadi jangan ragu untuk memasukkan salmon ke dalam menu sehari-hari. Salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yang bagus untuk otak.

2. Oatmeal

Satu gelas oatmeal ternyata sudah mengandung 100 sampai 150 miligram kalsium. Maka tidak ada salahnya mengonsumsi oatmeal untuk sarapan, kan? Kalau bosan, oatmeal juga bisa dicampurkan jadi bahan untuk cake kesukaan kita. Sudah rasanya enak, tulang pun terjaga kekuatannya!

3. Sayuran hijau

Jangan malas makan bayam, brokoli, atau sayuran hijau lainnya, ya! Soalnya satu porsi sayuran hijau sudah bisa menyajikan 100 miligram kalsium untuk kita. Mau dibuat salad atau sandwich, semua bisa diatur sesuai selera, kok!

4. Kacang-kacangan

Kalau mau nyemil, coba cari camilan yang kaya akan kalsium. Misalnya saja kacang almond, kedelai, dan chia seeds. Almond mengandung 100 miligram kalsium untuk takaran satu mangkuk. Cocok untuk camilan yang sedang diet rendah karbohidrat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here