Beranda Pilkada 2018 Pilkada Jawa Tengah : Sudirman Said Janji Majukan Petani Organik

Pilkada Jawa Tengah : Sudirman Said Janji Majukan Petani Organik

125
0
BAGIKAN

Calon Gubernur Jawa Tengah nomer urut satu Sudirman Said gencar melakukan kampanye ke sejumlah komunitas warga, guna mencari dukungan untuk maju dalam Pemilihan Calon Gubernur Jawa Tengah 2018. Salah satunya melakukan kunjungan ke komunitas petani organik Qaryah Thayyibah di Kalibening, Salatiga, Jumat (11/5/2018) siang.

Dalam pertemuan ini Sudirman Said berdiskusi dengan petani organik bertajuk kedaulatan pangan dan kedaulatan petani. Sudirman Said mengatakan, kunci utama kedaulatan pangan di Jawa Tengah adalah pemerintahan yang bersih, memiliki kepedulian dan keberpihakan kepada petani, sehingga ujung dari urusan ini adalah terwujudnya ketahanan pangan dan mendorong terciptanya pertanian organik di Jawa Tengah.

Pilkada Jawa Tengah : Sudirman Said Janji Majukan Petani Organik

“itu saya kira tema besar yang harus kita dorong untuk Jawa Tengah.” tutur Sudirman. Sudirman menambahkan, petani sebagai salah satu subjek kedaulatan pangan, maka drinya mendorong petani mengorganisir bibit secara alamiah, tanpa keterpaksaan utamanya dari penguasa. Salah satunya dengan pertanian organic, karena ada unsur pemulihan lahan, konservasi lingkungan dan ada aspek kesehatan masyarakat.

Limbah kotoran ternak yang melimpah bisa digunakan sebagai pupuk alami sehingga lebih ramah lingkungan. Salah kaprah penggunaan pupuk organik yang hanya menghasilkan panen sediki harus diluruskan. “Di banyak kasus, hasilnya justru lebih tinggi, aman, lebih bersahabat dengan lingkungan.”

Kedaulatan pangan di Jawa Tengah, menurut Sudirman Said, salah satunya bisa dicapai dengan mewujudkan pertanian organik. Program tersebut sudah masuk dalam perencanaan 22 janji kerja bersama calon wakilnya, Ida Fauziyah. “Tinggal dielaborasikan, salah satunya belajar dari komunitas SPPQT yang sudah menjalankan dengan baik sejak 2009,” kata Sudirman Said dalam kampanye Pilkada Jawa Tengah tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here